Tanya-Jawab: PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP LABA DI PT BMB EKSPORT YOGYAKARTA

PERTANYAAN DAN JAWABAN

Apa yang dimaksud dengan skripsi?

Skripsi adalah karya ilmiah yang menjadi syarat untuk menyelesaikan jenjang studi S1.

Apa judul skripsi Anda?

PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP LABA DI PT BMB EKSPORT YOGYAKARTA

Apa yang melatarbelakangi Anda meneliti masalah ini?

Untuk memasarkan produknya, perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat agar dapat mencapai tujuan perusahaan, yaitu untuk mendapatkan laba dan untuk memenangkan persaingan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan strategi marketing mix. Berkaitan dengan itulah Saya tertarik untuk meneliti pengaruh strategi markting mix di PT BMB Eksport Yogyakarta.

Masalah apa yang anda teliti?

1. Bagaimana pengaruh strategi marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, promosi dan distribusi terhadap laba PT BMB Eksport?

2. Faktor apa yang paling dominan mempengaruhi laba PT BMB Eksport?

Apa tujuan Anda melakukan penelitian ini?

1. Untuk mengetahui strategi marketing mix PT BMB Eksport yang meliputi biaya produksi, biaya distribusi dan biaya promosi.

2. Untuk mengetahui dampak dari strategi marketing mix tersebut terhadap laba yang diperoleh perusahaan, yaitu laba dari hasil penjualan produk PT BMB Eksport.

Apa manfaat penelitian Anda?

1. Bagi Universitas Wangsa Manggala

Hasil penelitian ini dapat memperkaya khasanah kajian di bidang pemasaran khususnya strategi marketing mix.

2. Bagi penulis

Penelitian ini dapat menambah dan melengkapi teori serta pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah.

3. Bagi peneliti lain

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan bahan acuan bagi penulis yang meneliti masalah sejenis.

Apa yang dimaksud dengan pemasaran?

Keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha, yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun yang potensial.

atau

Suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

atau

Suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Apa tugas pokok manajer?

1. Mempersiapkan rencana atau strategi bagi perusahaan.

2. Melaksanakan rencana tersebut.

3. Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam operasinya.

Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?

Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi. Hal ini sangat tergantung pada penawaran organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong serta melayani pasar.

Apa yang dimaksud dengan konsep pemasaran?

Konsep pemasaran merupakan falsafah manajemen pemasaran yang mengatakan bahwa, untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran (target market) dan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan oleh pesaing”.

atau

“Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.

Bagaimana contoh penerapan konsep pemasaran?

1. Membuat barang yang mudah penggunaannya

2. Mudah pembeliannya

3. Mudah pemeliharaannya

Apa elemen pokok konsep pemasaran?

1. Orientasi konsumen/pasar/pembeli.

2. Volume penjualan yang menguntungkan.

3. Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

Bagaimana praktek penerapan konsep pemasaran?

1. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.

2. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya.

3. Menentukan produk dan program pemasarannya.

4. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan sikap serta tingkah laku mereka.

5. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?

Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu untuk bertahan hidup, mendapatkan laba dan untuk memenangkan persaingan.

Apa saja unsur strategi pemasaran?

Strategi pemasaran terdiri dari unsur-unsur pemasaran yang terpadu yaitu 4P dari marketing mix (product, price, promotion, place) yang selalu berkembang sejalan dengan gerak perusahaan dan perubahan lingkungan pemasaran serta perubahan lingkungan konsumen.

Jelaskan mengenai variabel strategi pemasaran yang terdiri dari 4P!

1. Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.

Atau

Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian, pembelian, pemakaian atau kombinasi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Atau

Dari kedua definisi di atas maka dapat dikatakan bahwa produk merupakan segala sesuatu yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen atau pasar. Dalam produk terdapat sifat-sifat atau atribut, baik yang nyata maupun yang tidak nyata, dimana keberadaannya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu produk dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya

2. Harga

Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya.

Atau

Segala usaha yang dilakukan penjual untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen, dan membujuk mereka untuk membelinya, serta mengingatkan kembali konsumen lama agar melakukan pembelian ulang.

Atau

Kegiatan untuk menyebarluaskan informasi tentang barang atau jasa yang akan dijual dengan maksud untuk merubah pola perilaku konsumen.

Atau

suatu bentuk komunikasi pemasaran, maksudnya adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

3. Distribusi

Pengertian distribusi (saluran distribusi) ada beberapa macam.

a. Sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.

b. Jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai.

c. Struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui mana sebuah komoditi, produk, atau jasa dipasarkan.

d. Jalur yang digunakan untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat dan saat yang dibutuhkan).

e. Saluran distribusi adalah jalur yang dipakai untuk perpindahan barang, dari perpindahan barang di produsen ke konsumen akhir atau pemakai dari kalangan industri.

f. Jembatan yang menghubungkan produsen dengan konsumen, dengan kata lain saluran distribusi adalah penyaluran barang dari produsen kepada konsumen tepat pada waktunya.

4. Promosi

Pengertian promosi ada beberapa macam, antara lain:

a. Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

b. Promosi adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan.

Apakah semua elemen strategi pemasaran itu harus dilaksanakan secara bersamaan?

Semua elemen marketing mix di atas, dapat dikembangkan perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Dalam hal ini biasanya perusahaan menerapkan keempat elemen marketing mix di atas secara bersama-sama di dalam strategi yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh perusahaan membuat strategi pemasaran melalui gabungan elemen harga dan promosi, gabungan elemen harga dan distribusi, atau gabungan dari elemen harga, promosi dan distribusi sekaligus. Tentu saja dalam hal ini elemen produk selalu diikutsertakan karena produk adalah komoditas yang dipasarkan perusahaan, sehingga tanpa produk, pemasaran tidak akan dapat berjalan.

Apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran?

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya di dalam pasar sasaran.

Jelaskan aspek-aspek produk!

1) Produk inti (core product)

Merupakan manfaat yang ditampilkan suatu produk kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Masing-masing produk memiliki produk inti atau manfaat inti tersendiri.

2) Produk formal (formal product)

Merupakan penampilan atau perwujudan dari produk inti maupun perluasan produknya. Produk formal ini lebih dikenal oleh sebagian besar pembeli sebagai daya tarik, yang tampak langsung (tangible offer) di mata konsumen. Dalam hal ini ada beberapa komponen yang terdapat pada produk yaitu desain/bentuk, daya tahan/mutu, daya tarik/keistimewaan, pengemasan/bungkus, nama merek/brand name.

3) Produk tambahan (augmented product)

Mencakup berbagai tambahan manfaat yang dapat dinikmati oleh konsumen dari produk inti yang dibelinya. Beberapa manfaat tambahan itu akan memperluas manfaat produk yang ditawarkan atau dipasarkan.

Sebut dan jelaskan klasifikasi produk

1) Produk Konsumen (Consumer Products)

Produk konsumen merupakan produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi. Produk konsumen meliputi :

a) Produk sehari-hari (convenience product)

Merupakan produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalam membandingkan dan membeli. Harga produk sehari-harinya biasanya cukup murah dan disebarkan cukup luas dibanyak lokasi atau toko agar produk tersedia dengan mudah ketika pelanggan membutuhkannya.

b) Produk Shopping (shopping product)

Adalah produk yang jarang dibeli oleh konsumen sehingga dalam proses pemilihan dan pembeliannya konsumen melakukan pembandingan karakteristik seperti kecocokan, harga dan gaya.

c) Produk khusus atau spesial (specialty product)

Merupakan produk konsumen dengan karakteristik unik atau identifikasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu, sehingga mereka bersedia mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya.

d) Produk yang tidak dicari (unsought product)

Adalah produk konsumen dimana keberadaannya tidak diketahui atau jika diketahui oleh konsumen pun tidak terpikir oleh mereka untuk membelinya. Oleh karenanya, produk yang tidak dicari memerlukan iklan penjualan pribadi dan upaya pemasaran lainnya.

2) Produk Industri (industrial product)

Produk industri adalah produk yang dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan bisnis. Produk industri dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

a) Bahan dan suku cadang

Meliputi bahan baku, bahan manufaktur dan suku cadang. Bahan baku terdiri dari produk pertanian (gandum, kapas, dan sebagainya) dan produk alami (ikan, kayu, dan sebagainya). Bahan manufaktur dan suku cadang terdiri dari komponen bahan (besi, benang, semen) dan komponen suku cadang (motor kecil, ban, cetakan). Harga serta jasa adalah faktor pemasaran utama dalam kelompok ini, merek dan iklan cenderung kurang begitu penting.

b) Barang modal

Merupakan Produksi industri yang membantu proses produksi/operasi, termasuk pemasangan dan peralatan tambahan. Pemasangan terdiri dari pembelian utama seperti bangunan dan peralatan tetap. Peralatan tambahan meliputi peralatan pabrik yang dapat dipindahkan dan peralatan kantor.

c) Perlengkapan dan jasa

Meliputi perlengkapan operasi dan alat-alat perbaikan dan pemeliharaan serta jasa konsultasi bisnis. Jasa-jasa ini biasanya diserahkan dengan menandatangani kontrak.

Jelaskan pembedaan produk berdasarkan karakteristik produk!

1) Daya tahan dan keberwujudan

a) Barang yang tidak tahan lama (nondurable goods): barang yang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan.

b) Barang tahan lama (durable goods): barang tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya dapat digunakan berkali-kali.

Jasa (services): jasa bersifat tidak berwujud, tidak dapat dipisahkan dan mudah habis.

2) Klasifikasi barang konsumen

a) Barang convenience adalah barang-barang yang biasanya sering dibeli konsumen, segera dan dengan usaha yang minimum.

b) Barang shopping adalah barang-barang yang karakteristiknya dibandingkan berdasarkan kesesuaian, kualitas harga dan gaya dalam proses pemilihan dan pembelian.

c) Barang khusus (specialty goods) adalah barang-barang dengan karakteristik unik dan/atau identifikasi merek di mana untuk memperoleh barang-barang itu sekelompok pembeli yang cukup besar bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya.

d) Barang unsought adalah barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau diketahui namun secara normal konsumen tidak berpikir untuk membelinya.

3) Klasifikasi barang industri

a) Bahan baku dan suku cadang (materials and parts) adalah barang-barang yang sepenuhnya memasuki produk yang dihasilkan.

b) Barang modal (capital items) adalah barang-barang tahan lama yang memudahkan pengembangan dan/atau pengelolaan produk akhir.

c) Perlengkapan dan jasa bisnis adalah barang dan jasa tidak tahan lama yang membantu pengembangan dan/atau pengelolaan produk akhir.

Apa saja dimensi bauran produk

1) Lebar bauran produk; mengacu pada berapa banyak macam lini produk perusahaan tersebut.

2) Panjang bauran produk; mengacu pada jumlah unit produk dalam bauran produknya.

3) Kedalaman bauran produk; mengacu pada banyak varian yang ditawarkan tiap produk dalam lini tersebut.

4) Konsistensi bauran produk; mengacu pada seberapa erat hubungan berbagai lini dalam penggunaan akhir, persyaratan produksi, saluran distribusi, atau hal lainnya.

Bagaimana peranan harga dalam proses pengambilan keputusan para pembeli?

1) Peranan alokasi dan harga, yaitu fungsi harga dalam membantu para pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat atau utilitas tertinggi yang diharapkan berdasarkan daya belinya.

2) Peran informasi dari harga, yaitu suatu fungsi harga dalam “mendidik” konsumen mengenai faktor-faktor produk, seperti kualitas. Hal ini terutama bermanfaat dalam situasi dimana pembelian mengalami kesulitan untuk menilai faktor produk atau manfaatnya secara obyektif. Persepsi yang sering berlaku adalah bahwa harga yang mahal mencerminkan kualitas yang tinggi.

Apa saja tujuan penetapan harga

1) Memperoleh laba maksimal.

2) Mendapatkan share pasar tertentu.

3) Skimming pasar maksimum (maximum market skimming).

4) Mencapai tingkat penerimaan penjualan maksimum pada waktu itu.

5) Mencapai keuntungan yang ditargetkan.

6) Mempromosikan produk.

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga

1) Faktor Lingkungan Internal Perusahaan

a) Tujuan pemasaran perusahaan

Faktor utama dalam perusahaan harga adalah tujuan pemasaran perusahaan. Tujuan tersebut berupa maksimalisasi laba masa sekarang, mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, kepemimpinan pangsa pasar, menciptakan kepemimpinan dalam hal kualitas atau mutu produk, mengatasi pesaing, melaksanakan tanggung jawab sosial dan lain-lain.

b) Strategi bauran pemasaran

Harga adalah salah satu alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Keputusan harga harus dihubungkan dengan keputusan rancangan produk, distribusi, dan promosi untuk membentuk program pemasaran yang efektif. Keputusan yang dibuat untuk variabel bauran pemasaran lainnya mempengaruhi keputusan penetapan harga.

c) Biaya

Biaya menjadi dasar bagi harga yang dapat ditetapkan perusahaan terhadap produknya. Biaya merupakan faktor yang menentukan harga minimal yang harus ditetapkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Perusahaan ingin menetapkan harga yang dapat menutupi semua biaya untuk produksi, distribusi, dan penjualan produk, dan memberikan laba yang wajar bagi usaha dan risikonya.

d) Pertimbangan Organisasi

Manajemen perlu memutuskan siapa yang harus menetapkan harga didalam organisasi tersebut. Setiap perusahaan menangani masalah penetapan harga dengan berbagai cara. Dalam perusahaan kecil, harga seringkali ditetapkan oleh manajemen puncak. Dalam perusahaan besar, penetapan harga biasanya ditangani oleh manajer-manajer divisi atau lini produk.

2) Faktor Lingkungan Eksternal Perusahaan

a) Sifat Pasar dan Permintaan

Setiap perusahaan perlu memahami sifat pasar dan permintaan yang dihadapinya. Apakah termasuk pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, oligopoli atau monopoli murni. Faktor-faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah elastisitas permintaan.

b) Biaya, Harga dan Penawaran Pesaing

Faktor eksternal lainnya yang mempengaruhi keputusan penetapan harga perusahaan adalah biaya dan harga pesaing serta kemungkinan reaksi pesaing atas tindakan penetapan harga yang dilakukan perusahaan. Perusahaan juga perlu mengetahui harga dan mutu dari setiap produk yang ditawarkan pesaing.

c) Faktor-faktor eksternal lainnya

Selain faktor-faktor di atas, perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor lain dalam lingkungan eksternalnya. Faktor tersebut seperti: keadaan atau kondisi ekonomi (inflasi, tingkat bunga), kebijakan dan peraturan pemerintah, aspek sosial (kepedulian terhadap lingkungan).

Apakah tujuan promosi itu?

Secara umum tujuan kegiatan promosi adalah memberikan informasi, meyakinkan serta mengingatkan keberadaan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan kepada masyarakat pada umumnya dan konsumen pada khususnya guna meningkatkan penjualan produk.

Ada juga tujuan khusus promosi yaitu:

1) Menginformasikan (informing), dapat berupa:

a) Menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru.

b) Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari suatu produk.

c) Menyampaikan perubahan harga pada pasar.

d) Menjelaskan cara kerja suatu produk.

e) Menginformasikan jasa-jasa yang disediakan perusahaan.

f) Meluruskan kesan yang keliru.

g) Mengurangi ketakutan atau kekhawatiran pembeli.

h) Membangun citra perusahaan.

2) Membujuk pelanggan sasaran (persuading) untuk:

a) Membentuk pilihan produk.

b) Mengalihkan pilihan ke merek tertentu.

c) Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk.

d) Mendorong pembeli untuk berbelanja saat itu juga.

e) Mendorong pembeli untuk menerima kunjungan wiraniaga.

3) Mengingatkan (remainding) yang terdiri dari:

a) Mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat.

b) Mengingatkan pembeli akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan.

c) Membuat pembeli tetap ingat walaupun tidak ada kampanye iklan.

d) Menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan.

Apa saja komponen bauran promosi itu?

1) Periklanan

Periklanan adalah semua bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.

Ciri-ciri iklan:

(1) Presentasi umum, sifat komunikasinya yang umum memberikan semacam keabsahan produk dan penawaran yang terstandarisasi.

(2) Tersebar luas, periklanan adalah media berdaya sebar luas sehingga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan iklan dari berbagai pesaing.

(3) Ekspresi yang lebih kuat, periklanan memberikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui cetakan, suara dan warna yang penuh seni.

(4) Tidak bersifat pribadi, iklan hanya mampu melaksanakan monolog, bukan dengan dialog dengan audiens. Periklanan tidak memiliki kemampuan memaksa seperti wiraniaga perusahaan.

2) Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.

Caranya ada tiga, yaitu:

a) Komunikasi: promosi penjualan menarik perhatian dan biasanya memberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen kepada produk.

b) Insentif: promosi penjualan menggabungkan sejumlah kebebasan, dorongan atau kontribusi yang memberikan nilai bagi konsumen.

c) Ajakan: promosi penjualan merupakan ajakan untuk melaksanakan transaksi pembelian sekarang.

3) Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Hubungan masyarakat dan publisitas adalah berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk secara individual.

Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas didasarkan pada tiga sifat khusus, yaitu sebagai berikut:

a) Kredibilitas yang tinggi

Berita dan gambar lebih otentik dan dipercaya oleh pembaca dibandingkan dengan iklan.

b) Kemampuan menangkap pembeli yang tak terduga

Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli yang cenderung menghindari wiraniaga dan iklan.

c) Dramatisasi

Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk.

4) Penjualan secara pribadi/personal

Penjualan secara pribadi adalah interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melaksanakan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesan.

5) Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung merupakan penggunaan surat, telephone, e-mail, faximili dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

Apakah fungsi saluran distribusi?

1) Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan, pesaing, serta pelaku dan kekuatan lain yang ada saat ini maupun yang potensial dalam lingkungan pemasaran.

2) Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi yang persuasive untuk merangsang pembelian.

3) Mencapai persetujuan akhir mengenai harga dan syarat lain sehingga transfer kepemilikan dapat dilakukan.

4) Melakukan pemesanan ke perusahaan manufaktur.

5) Memperoleh dana untuk membiayai persediaan pada berbagai level saluran pemasaran.

6) Menanggung resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran pemasaran tersebut.

7) Mengatur kesinambungan penyimpanan dan penggerakkan produk fisik dari bahan mentah sampai ke pelanggan akhir.

Sebutkan jenis-jenis saluran distribusi berdasarkan tingkat saluran!

1) Saluran level-nol (saluran pemasaran langsung), terdiri dari suatu perusahaan manufaktur yang langsung menjual kepada pelanggan akhir.

2) Saluran satu-level berisi satu perantara penjualan, seperti pengecer.

3) Saluran dua-level berisi dua perantara. Dalam pasar barang konsumsi, mereka umumnya adalah pedagang besar dan pengecer.

4) Saluran tiga-level berisi tiga perantara. Dari sudut pandang produsen, semakin banyak jumlah level saluran pemasaran, semakin sulit untuk memperoleh informasi tentang pelanggan akhir dan untuk melakukan pengendalian.

Sebutkan jenis-jenis distribusi dilihat dari jumlah salurannya!

1) Distribusi Eksklusif

Mencakup jumlah perantara yang sangat terbatas yang menangani barang atau jasa perusahaan. Hal itu dilakukan bila produsen ingin memiliki pengendalian yang besar terhadap level jasa dan hasil pelayanan yang ditawarkan oleh perantara itu.

2) Distribusi Selektif

Mencakup penggunaan lebih dari beberapa tetapi juga kurang dari semua perantara yang bersedia menjual produk tertentu. Perusahaan dapat mengembangkan hubungan kerjasama yang baik dengan perantara terpilih dan mengharapkan usaha penjualan yang lebih baik dari rata-rata, dibandingkan dengan menghabiskan tenaga pada banyak toko.

3) Distribusi Intensif

Produsen menempatkan barang dan jasa pada sebanyak mungkin toko. Strategi ini biasanya digunakan untuk produk yang mudah ditemukan (convinience items), seperti tembakau, bensin, permen karet, makanan ringan, sabun, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan laba?

Laba merupakan selisih antara penerimaan yang diterima dengan biaya total yang dibutuhkan untuk memproduksi dan memasarkan produk atau menyelenggarakan jasa.

Bagaimana hipotesis yang anda ajukan dalam penelitian ini?

2 Responses to “Tanya-Jawab: PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP LABA DI PT BMB EKSPORT YOGYAKARTA”


  1. 1 vioni Maret 9, 2010 pukul 3:05 pm

    mau tanya apakah ada tentang sripsi tentang holistic marketing mengenai pemsaean relasi atau hubungan??
    klo da alamat web nya apa?

  2. 2 vioni Maret 9, 2010 pukul 3:09 pm

    mau tanya apakah ada tentang skripsi tentang holistic marketing mengenai pemasaran relasi atau hubungan mengenai pelanggan,saluran dan mitra??
    klo da alamat web nya apa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 179,210 hits

%d blogger menyukai ini: