Tanya-Jawab: Implikasi Permainan Play Station Terhadap Agresivitas pada Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta.



/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

1.   Apa judul penelitian Anda?

Implikasi Permainan Play Station Terhadap Agresivitas pada Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta.

 

2.   Apa yang melatarberlakangi Anda meneliti judul tersebut?

Kegiatan anak yang utama adalah bermain. Sampai usia tertentu sampai anak disibukkan oleh kegiatan yang rutin, seperti belajar, kehidupan seorang anak didominasi oleh kegiatan bermain. Sementara kegiatan lain yang dipelajarinya pun berawal dari suasana bermain. Jenis permainan yang dimainkan anak beraneka ragam. Sekarang ini salah satu jenis permainan yang banyak digemari anak adalah play station. Dari penelitian para ahli permainan play station mempunyai dampak positif dan negatif pada anak. Dampak positifnya adalah bahwa alat permainan ini dapat mengembangkan koordinasi tangan dan mata, karena pemain dirangsang untuk melihat dan langsung bereaksi dengan langsung menekan tombol-tombol yang tepat. Selain itu beberapa orang percaya bahwa alat permainan ini bisa meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi anak. Sementara dampak negatifnya antara lain karena anak menyenangi permainan ini maka anak dapat bermain sampai lupa waktu sehingga lupa kewajibannya untuk belajar, akibatnya prestasi belajar anak dapat menurun. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini diadakan untuk mengetahui seberapa jauh implikasi permainan play station terhadap agresivitas anak.

 

3.   Apa yang dimaksud dengan permainan play station?

Play station adalah jenis permainan menggunakan komputer atau televisi dengan menggunakan program-program komputer yang banyak sekali jenis permainannya

 

4.      Apa yang dimaksud dengan agresivitas?

Agresivitas adalah tindakan menyerang yang bisa melukai/menyakiti orang lain.

 

5.   Masalah apa yang Anda teliti dalam penelitian ini?

1.  Adakah implikasi permainan play station terhadap agresivitas siswa Sekolah Dasar di SD Jetisharjo I, SD Jetisharjo II, SD Keputran II, SD Keputran V, SD Keputran IX, SD Nitikan I dan SD Giwangan?

2.  Apakah intensitas perhatian orang tua di rumah dan dan pengawasan guru di sekolah mempunyai peranan yang positif dalam mengatasi perilaku agresif di kalangan siswa Sekolah Dasar?


6.   Apa tujuan Anda meneliti masalah tersebut?

a.  Untuk mengkaji implikasi permainan play station terhadap agresivitas siswa Sekolah Dasar di SD Jetisharjo I, SD Jetisharjo II, SD Keputran II, SD Keputran V, SD Keputran IX, SD Nitikan I dan SD Giwangan.

b.  Untuk mengkaji apakah orang tua dan guru mempunyai peranan yang positif dalam mengatasi perilaku agresif di kalangan anak usia sekolah.

c.  Untuk menentukan kebijaksanaan bagi pengelola dan pelaksana pendidikan.

 

7.  Dalam kaitannya dengan anak SD yang menjadi objek penelitian Anda, agresivitas seperti apa yang ingin Anda amati dari anak-anak tersebut?

Agresivitas negatif seperti bermain perang-perangan, kelahi-kelahian, yang mengarah kepada permainan yang membahayakan.

Agresivitas positif seperti anak menjadi tangkas, koordinasi antara tangan dan mata menjadi lebih baik, dan konsentrasi anak meningkat.

 

8.   Alat analisis apa yang Anda gunakan dalam menganalisis hasil penelitian Anda?

Analisis regresi linier berganda, yaitu alat analisis statistik yang bertujuan untuk meneliti pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, dimana variabel bebasnya lebih dari satu, misalnya dua sampai dengan tak terhingga.

 

9.   Dalam penelitian Anda apa saja variabel terikat dan variabel bebasnya?

Variabel terikatnya (Y) : Agresivitas anak

Variabel bebasnya ada dua, yaitu :

X1 : Intensitas  pengawasan guru di sekolah

X2 : Intensitas perhatian orang tua di rumah

 

10. Apa tujuan Anda meneliti hubungan variabel bebas tersebut dengan variabel terikat?

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas pengawasan guru dan intensitas perhatian orang tua untuk menanggulangi implikasi negatif permainan play station terhadap agresivitas anak.

 

11. Bagaimana persamaan regresi linier berganda yang Anda buat untuk penelitian Anda?

Y = a + b1X1+ b2X2

Dimana :

Y = agresivitas anak

X1 : Intensitas  pengawasan guru di sekolah

X2 : Intensitas perhatian orang tua di rumah

a   : Konstanta 

b1 : Koefisien intensitas pengawasan guru di sekolah

b2 : Koefisien intensitas perhatian orang tua di rumah

Sebagai contoh didapat persamaan regresi linier berganda sbb :

Y = 12,3 + 0,3X1+ 0,5X2

Artinya :

Jika tanpa diawasi oleh guru dan orang tua, agresivitas anak adalah sebesar 12,3 (nilai konstanta a). Akan tetapi jika ada pengawasan guru di sekolah dan perhatian orang tua di rumah, maka akan mempengaruhi agresivitas anak sebesar 0,3 atau 30%, dan jika ada perhatian orang tua di rumah akan mempengaruhi agresivitas anak sebesar 0,5 atau 50%. Pengaruh ini dapat berupa menekan pengaruh yang berupa terhadap agresivitas negatif dan meningkatkan pengaruh yang berupa agresivitas positif.

Berdasarkan nilai koefisien regresi b1 dan b2 diketahui bahwa nilai koefisien b2 > b1, artinya pengaruh perhatian orang tua lebih besar daripada pengaruh pengawasan oleh guru di sekolah.

Berdasarkan hasil regresi di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :


 

0 Responses to “Tanya-Jawab: Implikasi Permainan Play Station Terhadap Agresivitas pada Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 179,210 hits

%d blogger menyukai ini: