PENILAIAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA BARANG MODAL



/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang Masalah

Pada umumnya tujuan utama suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba. Untuk memperoleh laba tentunya perusahaan harus juga memperhatikan bagaimana cara pengambilan keputusan yang akurat. Pengambilan keputusan penanaman modal penting bagi perusahaan, karena penanaman modal berkaitan dengan keterikatan sumber dana perusahaan dalam jumlah relatif besar, jangka waktu relatif lama dan masa yang akan datang yang penuh dengan ketidakpastian.1)

Oleh karena itu diperlukan kecermatan manajemen dalam mengambil keputusan. Apabila seorang manajer salah dalam mengambil keputusan maka akan menyebabkan kerugian yang besar bagi perusahaan, keputusan yang tepat akan membawa perusahaan tersebut dapat tumbuh dan berkembang. Untuk penilaian dan pengambilan keputusan investasi, setiap perusahaan yang melakukan investasi pada barang modal mempunyai harapan bahwa perusahaan akan memperoleh kembali dana yang ditanam pada perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, dalam penilaian untuk pengambilan keputusan  barang modal, manajemen memerlukan informasi yang lengkap mengenai perputaran dana dan capital budgetnya. Secara lengkapnya yang dimaksud dengan capital budgeting adalah :2)

“Suatu rencana terkoordinasi, menyeluruh dan dinyatakan dalam satuan mata uang, mengenai kegiatan operasi dan penggunaan sumber-sumber daya perusahaan untuk suatu periode tertentu diwaktu yang akan datang”.

 

Jadi menurut Mulyadi capital budgeting berhubungan dengan penilaian dan pengambilan keputusan investasi pada barang modal yang akurat.

Penilaian dan pengambilan keputusan pada barang modal merupakan kegiatan perusahaan. Dimana perusahaan harus membandingkan beberapa alternatif yang diajukan oleh pihak intern perusahaan. Ketidakpastian dalam penilaian dan pengambilan keputusan akan membawa akibat yang tidak baik bagi perusahaan (manajemen) disamping mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang akurat (tepat). Penilaian dan pengambilan keputusan investasi menyangkut komitmen untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar dimana pendapatannya (hasil pengembalian) terjadi jauh diwaktu yang akan datang, dimana hal ini dapat  berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan. Baik buruknya perusahaan tergantung pada kualitas manajemen dalam mengambil keputusan. Penilaian investasi memfokuskan tentang bagaimana keputusan barang modal dapat dilakukan secara lebih efektif dalam memberikan kontribusi pada kesehatan dan pertumbuhan perusahaan. Dalam memberikan kontribusi menekankan pada pengembangan kriteria dan prosedur yang sistematis untuk menyusun suatu daftar usulan investasi. Penilaian investasi dan untuk menentukan batas-batas penilaian out off point (nilai keluaran).

Penilaian investasi pada barang modal mempunyai teknik-teknik tersendiri yaitu metode penilaian investasi dengan memperhitungkan nilai waktu  uang dan penilaian investasi dengan tidak memperhitungkan nilai waktu uang. Oleh karena itu penilaian investasi barang modal dapat dikatakan sebagai alat kontrol bagi perusahaan, artinya dengan adanya penilaian investasi  pada barang modal tingkat efisiensi perusahaan dalam pengambilan keputusan dapat diketahui. Mengingat pentingnya penilaian dan pengambilan keputusan investasi, maka disini penulis tertarik untuk menulis skripsi dengan judul :

“PENILAIAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA BARANG MODAL”.

 

B.  Rumusan Masalah

Mengacu pada latar belakang masalah di atas, maka di sini akan penulis kemukakan beberapa masalah yang dibahas dalam penulisan skripsi ini, yaitu :

1.   Teknik (metode) apa saja yang bisa digunakan dalam menentukan keputusan investasi.

2.   Berdasarkan hasil analisis investasi layakkah keputusan investasi barang modal itu dilaksanakan.

 

C.   Batasan Masalah

Untuk mendapatkan hasil penelitian yang optimal, maka diadakan pembatasan masalah bahwa aspek yang akan diteliti dalam hal ini difokuskan pada metode penilaian investasi.

 

D.    Metode Analisis

Dalam penulisan skripsi ini, metode analisis yang akan penulis gunakan adalah metode-metode yang biasa digunakan oleh manajemen untuk menilai usulan investasi. Metode-metode tersebut, yaitu : 

1.        Metode NPV (Net Present Value).

2.        Perhitungan IRR (Internal Rate of Return).

3.        Perhitungan pay back period.

4.        Perhitungan profitability index.

 

E.   Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kelayakan investasi barang modal berdasarkan metode penilaian investasi.

 

F.  Manfaat Penulisan

Adapun manfaat penulisan yang penulis harapkan dari uraian penilaian dan pengambilan keputusan, sebagai berikut :

1.  Penulis dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah di lapangan.

2.  Hasil analisis dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi manajer dalam penilaian dan  pengambilan keputusan investasi.

 

G.  Metode Penulisan

Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan studi literatur yaitu dengan membaca berbagai pustaka, serta literatur lain yang ada kaitannya dengan tulisan yang penulis kemukakan. Sedangkan dalam contoh kasus yang akan penulis uraikan, hanyalah karya penulis saja (perusahaan fiktif), namun sedapat mungkin akan disesuaikan dengan situasi perusahaan yang sesungguhnya.

 

H.    Sistematika Penulisan

Secara keseluruhan, penyusunan skripsi ini diorganisasikan dalam beberapa bab sebagai berikut :

BAB   I   PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang Masalah

B.        Rumusan Masalah

C.        Batasan Masalah

D.        Metode Analisis

E.        Tujuan Penelitian

F.        Manfaat Penelitian

G.        Sistematika Penulisan

BAB  II   LANDASAN TEORI

A.        Ruang Lingkup Penilaian dan Pengambilan Keputusan Investasi pada Barang Modal

B.        Konsep Investasi pada Barang Modal

C.        Sumber Modal dalam Investasi

D.        Kriteria Investasi

BAB  III  SIMULASI

A.        Pengumpulan Data

B.        Proyeksi Aliran Kas 

C.        Kriteria Investasi

BAB IV   PENUTUP

A.        Kesimpulan

B.        Saran

 


 

                1) Abdul Halim, Akuntansi Manajemen, buku 2 edisi 1 (Yogyakarta : BPFE, 1996), hal. 107

 

                2) Mulyadi, Akuntansi Manajemen, edisi 2 (Yogyakarta : STIE YKPN, 1993)

0 Responses to “PENILAIAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA BARANG MODAL”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 179,210 hits

%d blogger menyukai ini: