PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP LABA DI PT BMB EKSPORT YOGYAKARTA


/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang Masalah

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Melalui pemasaran perusahaan mendapatkan hasil, dan dari hasil inilah perusahaan mendapatkan laba. Oleh karena itu pemasaran merupakan hal penting yang tidak dapat dihindari perusahaan.

Banyak strategi yang dirumuskan perusahaan dalam memasarkan produknya. Strategi ini tergantung kepada masing-masing perusahaan. Untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan dipergunakan banyak faktor yang harus dipertimbangkan perusahaan. Di antara faktor yang dipertimbangkan adalah konsumen manakah yang akan dituju, kepuasan seperti apa yang diinginkan oleh konsumen tersebut, serta marketing mix seperti apa yang dipakai untuk memberi kepuasan kepada konsumen tersebut (Swastha dan Irawan, 1990). Setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, perusahaan merumuskan strategi pemasaran yang akan menjadi pedoman bagi personalia-personalia pemasaran perusahaan.  

Salah satu perusahaan besar yang juga menerapkan strategi pemasaran khusus dalam memasarkan produknya adalah PT BMB Eksport Yogyakarta. PT BMB Eksport yang mempunyai kepanjangan PT Borneo Melintang Buana Eksport adalah perusahaan Penanaman Modal Asing yang berdiri pada akhir Tahun 2000. Bidang usaha perusahaan ini ialah produksi dan penjualan mebel antik khusus untuk pasar ekspor. Barang yang sudah jadi diekspor ke negara pembeli sesuai dengan order yang telah diberikan. Tidak ada penjualan untuk dalam negeri.

Adapun barang yang dipasarkan berupa meja, kursi, lemari dan asesoris mebel lainnya. Barang didapat dari suplyer dari sekitar Jawa Tengah (Jepara, Grobogan, Klaten, Solo, dan Yogyakarta). Barang yang didapat dari suplyer itu masih berupa mebel lama yang belum diolah lagi. Oleh PT BMB barang ini kemudian diolah lagi, dengan diamplas, diservis, dipolitur, atau disemprot sesuai pesanan pembeli.

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa konsumen yang dituju perusahaan khusus pasar ekspor dan tidak ada penjualan di dalam negeri. Untuk memasarkan produknya di pasar ekspor, PT BMB Eksport menerapkan strategi marketing mix yang disesuaikan dengan pasarnya. Berdasarkan kenyataan tersebut menarik minat penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul:

PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP LABA DI PT BMB EKSPORT YOGYAKARTA

 

 

1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan   latar   belakang  masalah  di  atas,  dirumuskan  masalah

sebagai berikut:

1.  Bagaimana pengaruh marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, promosi dan distribusi terhadap laba PT BMB Eksport?

2.  Faktor apa yang paling dominan mempengaruhi laba PT BMB Eksport?

 

1.3  Batasan Masalah

Agar penelitian ini menjadi lebih fokus, maka diberikan batasan masalah sebagai berikut:

1.   Penelitian ini hanya dibatasi pada penelitian tentang strategi marketing mix yang terdiri dari biaya produksi, biaya distribusi dan biaya promosi.

2.   Penelitian ini dilakukan pada data perusahaan tahun 2000-2007.

3.   Penelitian dilakukan pada PT BMB Eksport Yogyakarta.

 

1.4  Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian yang dilakukan di PT BMB Eksport Yogyakarta adalah:

1.   Untuk mengetahui pengaruh marketing mix PT BMB Eksport yang meliputi biaya produksi, biaya distribusi dan biaya promosi terhadap laba PT BMB Eksport.

2.   Untuk mengetahui variabel marketing mix manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap laba PT BMB Eksport.

 

1.5  Manfaat Penelitian

Penelitian yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1.   Bagi Universitas Wangsa Manggala

Hasil penelitian ini dapat memperkaya khasanah kajian di bidang pemasaran khususnya strategi marketing mix.

2.   Bagi penulis

Penelitian ini dapat menambah dan melengkapi teori serta pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah.

3.   Bagi peneliti lain

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan bahan acuan bagi penulis yang meneliti masalah sejenis.

 

1.6  Kerangka Penulisan

Dalam penulisan hasil penelitian ini digunakan kerangka sebagai berikut:

BAB  I   PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

1.2  Rumusan Masalah

1.3  Batasan Masalah dan Definisi Operasional

1.4  Tujuan Penelitian

1.5  Manfaat Penelitian

I.6  Kerangka Penulisan

BAB  II  LANDASAN TEORI

2.1.  Pengertian Pemasaran

2.2.  Manajemen Pemasaran

2.3. Konsep Pemasaran

2.4.  Strategi Pemasaran

2.5. Bauran Pemasaran

2.6.  Laba

2.7.  Hipotesis

BAB III METODE PENGAMATAN

3.1.  Objek Pengamatan

3.2.  Populasi dan Sampel

3.3. Variabel Penelitian

3.4.  Definisi Operasional

3.5. Alat Analisis

3.6. Kesulitan Penelitian dan Cara Pemecahannya

BAB IV GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN

4.1. Sejarah Perusahaan

4.2. Lokasi Perusahaan

4.3. Struktur Organisasi

4.4. Sumber Daya Manusia

4.5. Data Perusahaan

BAB  V  PEMBAHASAN

5.1. Deskripsi Data

5.2. Analisis Kuantitatif

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

6.1. Kesimpulan

6.2. Saran

 

0 Responses to “PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP LABA DI PT BMB EKSPORT YOGYAKARTA”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 179,210 hits

%d blogger menyukai ini: