PROFIL DAERAH KABUPATEN BULUNGAN DAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR (STUDI BANDING PDRB KABUPATEN BULUNGAN DENGAN PDRB PROPINSI KALIMANTAN TIMUR)



/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang Penulisan

Sejak diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 mengenai Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 25 Tahun 1999 mengenai Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, maka seluruh kewenangan Pemerintah Pusat diserahkan kepada Daerah, termasuk pembiayaannya, kecuali beberapa kewenangan yang tetap diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat.

Berkenaan dengan penghitungan besarnya Dana Alokasi Umum bagi suatu daerah, di dalam aplikasi undang-undang tersebut disebutkan PDRB sabagai salah satu indikator penentu di samping indikator lainnya.

Di samping itu, untuk menginventarisasi aspek pembangunan, dibutuhkan data-data yang akurat, cepat  dan lengkap yang akan digunakan sebagai dasar untuk melanjutkan pembangunan di masa mendatang.

Saat ini, seluruh kabupaten/kota di Indonesia di wajibkan menyusun Program Perencanaan Pembangunan  Daerah (Properda) untuk tahun 2001-2005. Dalam properda tersebut, data mengenai kondisi obyektif daerah sangat dibutuhkan untuk menyusun program pembangunan di masa mendatang. Salah satu data yang dibutuhkan adalah data PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) yang sangat bermanfaat untuk mengetahui potensi daerah yang telah digali, struktur ekonomi daerah dan pertumbuhan ekonomi yang sudah dicapai. oleh sebab itu kabupaten Bulungan telah berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui penghitungan PDRB yang dituangkan dalam tulisan ini.

Berkaitan dengan uraian di atas, menarik untuk meneliti tentang keberhasilan pembangunan ekonomi Kabupaten Bulungan yang direpresentasikan oleh pertumbuhan PDRB-nya. Hasil penelitian dituliskan dalam karya tulis berjudul 

EVALUASI PEMBANGUNAN KABUPATEN BULUNGAN DALAM ANGKA (Studi Banding Pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dengan PDRB Propinsi Kalimantan Timur)

 

B.   Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dalam penelitian dirumuskan masalah sebagai berikut :

Bagaimanakah pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dibandingkan dengan PDRB Propinsi Kalimantan Timur?

 

C.   Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan sebagai berikut :

Untuk mengetahui perbandingan pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dengan PDRB Propinsi Kalimantan Timur.

 

D.   Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah :

1.   Bagi penulis

Merupakan media untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang analisis pertumbuhan perekonomian suatu wilayah, khususnya ditinjau dari segi PDRB.

2.   Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan

Merupakan masukan untuk merencanakan pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dimasa-masa yang akan datang.

 

E.  Metodologi Penelitian

1.   Jenis penelitian

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran mengenai objek penelitian yang disertai dengan analisis terhadap angka-angka yang didapatkan dari penelitian.

2.   Lokasi penelitian

Penelitian dilakukan di Kabupaten Bulungan Propinsi Kalimantan Timur.

3.   Metode pengumpulan data

a.   Studi kepustakaan

Yaitu mempelajari literatur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

b.   Dokumentasi

Yaitu mempelajari data-data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain yang relevan dengan penelitian, dalam hal ini Badan Pusat Statistik Propinsi Kalimantan Timur dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulungan tahun 2001.

4.   Metode analisis data

Metode analisis data yang dipakai dalam penulisan karya ilmiah ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu metode yang mencoba menggambarkan pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dan Propinsi Kalimantan Timur serta memuat perbandingan pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dengan PDRB Propinsi Kalimantan Timur yang dilakukan dengan menganalisa angka-angka yang berkaitan dengan PDRB itu sendiri.

 

F.  Sistematika Penulisan

BAB    I   PENDAHULUAN

Bab ini  memuat  Latar  Belakang  Masalah,  Rumusan  Masalah,

Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian dan Sistematika Penulisan

BAB   II  LANDASAN TEORI

Bab ini memuat Definisi Pembangunan yang terdiri dari Ukuran-ukuran Ekonomi Tradisional dan Pandangan Baru Ekonomi Pembangunan, serta Tiga Tujuan Inti Pembangunan.

BAB   III  KAJIAN MENGHENAI PDRB

Bab ini memuat Pengertian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Penggunaan Tahun Dasar 1993, Publikasi, Konsep Dan Definisi, Metodologi serta Analisa dan Kegunaan Data PDRB

BAB  IV   EVALUASI PEMBANGUNAN KABUPATEN BULUNGAN

(Studi Banding PDRB Kabupaten Bulungan Dengan PDRB Propinsi Kalimantan Timur)

Bab ini memuat hasil penelitian dan pembahasan yang terdiri dari Gambaran Tentang Kabupaten Bulungan, Gambaran Tentang Propinsi Kalimantan Timur, Indikator-indikator Geografis, Sosial dan Ekonomi Kabupaten Bulungan, Indikator-indikator Geografis, Sosial dan Ekonomi Propinsi Kalimantan Timur, serta Perbandingan antara Pertumbuhan PDRB Kabupaten Bulungan dan Propinsi Kalimantan Timur

BAB   V   PENUTUP

Bab ini memuat Kesimpulan dan Saran.

 

0 Responses to “PROFIL DAERAH KABUPATEN BULUNGAN DAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR (STUDI BANDING PDRB KABUPATEN BULUNGAN DENGAN PDRB PROPINSI KALIMANTAN TIMUR)”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 179,210 hits

%d blogger menyukai ini: