ANALISIS PERKEMBANGAN RENTABILITAS EKONOMI PADA PRIMER KOPERASI PEGAWAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA DI YOGYAKARTA

BAB I

PENDAHULUAN 

A.   Latar Belakang Masalah

Dewasa ini kehidupan perekonomian bangsa Indonesia banyak mengalami cobaan. Cobaan yang terberat dan terbesar dan masih dirasakan dampaknya sampai sekarang adalah krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997. Pada saat krisis tersebut banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan situasi ekonomi yang sangat parah.

Akan tetapi tidak sedikit pula perusahaan yang mampu bertahan, mereka antara lain perusahaan yang menggunakan bahan baku dari dalam negeri dan badan usaha yang mempunyai sendi kerakyatan yang kuat, yaitu koperasi. Koperasi merupakan salah satu bentuk usaha bersama yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan mensejahterakan seluruh anggotanya. Dengan mottonya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, koperasi mampu bertahan dalam situasi perekonomian yang sulit. Hal ini antara lain disebabkan oleh tingginya partisipasi yang diberikan para anggota koperasi, sesuai dengan motto yang dimilikinya.Adanya badan usaha koperasi tidak terlepas dari dasar hukum yang melandasinya. Adapun dasar hukum berdirinya koperasi adalah Pasal 33 Ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi : “Perekonomian  disusun  sebagai  usaha  bersama  berdasarkan  atas  azas kekeluargaan.” Sebagai sebuah usaha bersama, maka seluruh anggota koperasi mempunyai peran penting dalam memajukan koperasi.Pada masa sekarang ini tidak sulit untuk menemukan usaha koperasi. Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan koperasi, khususnya masyarakat di pedesaan. Koperasi ada bermacam-macam, antara lain koperasi konsumsi, koperasi kredit (simpan pinjam), koperasi produksi, koperasi jasa, dan koperasi serba usaha.

Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu jenis koperasi yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Koperasi ini berfungsi sebagai lembaga perkreditan. Tugasnya adalah menghimpun dana dari para anggotanya dan mendistribusikan dana yang terhimpun tersebut kepada anggotanya dan masyarakat. Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sebagai suatu badan usaha senantiasa memperhatikan kebijakan penggunaan modal dalam perusahaan agar dapat meningkatkan efisiensi hasil operasi. Keberhasilan kebijakan penggunaan modal ini dapat dilihat dari rentabilitas perusahaan.Rentabilitas merupakan kriteria kemampuan hasil operasi perusahaan perusahaan yang bermanfaat untuk :

  • Menilai keberhasilan suatu perusahaan dalam operasinya.

  • Menggambarkan tingkat laba yang dihasilkan menurut jumlah modal yang ditanamkan.

  • Alat pembanding pada berbagai alternatif investasi atau penanaman modal.

Tingkat rentabilitas sangat penting bagi perusahaan, sebab rentabilitas mencerminkan kemampuan modal suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Semakin tinggi tingkat rentabilitas suatu perusahaan berarti semakin tinggi/naik pula tingkat efisiensi penggunaan modalnya. Begitu pula Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, perusahaan ini harus terus berusaha untuk meningkatkan tingkat rentabilitasnya demi kemajuan koperasi dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi para anggotanya maupun masyarakat.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti rentabilitas ekonomi Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Yogyakarta dan menuliskannya dalam tesis berjudul Analisis Perkembangan Rentabilitas Ekonomi Pada Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta di Yogyakarta. 

B.   Pokok Masalah

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah rentabilitas ekonomi pada Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta di Yogyakarta. 

C.    Batasan Masalah

Dalam penelitian ini diberikan batasan masalah yang diteliti, yaitu :

  1.  Penelitian khusus dilakukan pada modal dan laba usaha Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta di Yogyakarta.

  2. Yang dimaksud rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal yang dipergunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam prosentase atau kemampuan suatu perusahaan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba.

  3. Data yang digunakan adalah data modal Primer Koperasi Pegawai Universitas Nasional “Veteran” Yogyakarta tahun 1998-2001. 

D.   Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, masalah yang diteliti adalah :Bagaimana perkembangan rentabilitas ekonomi Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta tahun 1998-2001? 

E.    Tujuan dan Manfaat Penelitian

  1. Tujuan PenelitianUntuk mengetahui perkembangan rentabilitas ekonomi Primer Koperasi Pegawai Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta tahun 1998-2001.

  2. Manfaat Penelitian

  • Bagi koperasi tempat dilakukan penelitian; hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk peningkatan efisiensi modal koperasi.

  • Bagi peneliti; hasil penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam menerapkan teori-teori yang didapat di bangku kuliah.

0 Responses to “ANALISIS PERKEMBANGAN RENTABILITAS EKONOMI PADA PRIMER KOPERASI PEGAWAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA DI YOGYAKARTA”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 179,210 hits

%d blogger menyukai ini: